Berita Piala Dunia FIFA Akan Investigasi Terhadap Qatar

FIFA Akan Melakukan Investigasi Terhadap Qatar

FIFA Akan Melakukan Investigasi Terhadap Qatar

Berita Piala Dunia – FIFA mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah melihat kemungkinan untuk melakukan investigasi perihal perlakuan yang diterima oleh pekerja buruh imigran di Qatar, yang telah terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Badan tertinggi olahraga sepakbola tersebut akan mengontak pihak penyelenggara Piala Dunia dan akan berdiskusi minggu depan setelah harian The Guardian mengklaim bahwa pekerja yang berasal dari Nepal di Qatar telah menerima perlakuan eksploitasi yang mengkhawatirkan dan dipaksa untuk mendapatkan perlakuan layaknya budak di zaman modern.

FIFA merilis sebuh pernyataan resmi yang berbunyi: “FIFA sangat memperhatikan mengenai laporan yang telah dibeberkan oleh media terkait penyalahgunaan hak pekerja dan kondisi yang diterima oleh para pekerja konstruksi proyek di Lusail City, Qatar. “FIFA secepatnya akan melakukan kontak dengan pihak yang berwenang di Qatar dan hal ini akan segera di diskusikan dalam pertemuan komite eksekutif.” Komite Eksekutif tersebut juga akan dihadapkan pada situasi untuk memilih apakah penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar akan dipindahkan ke musim dingin, dengan pertemuan tersebut akan digelar di Zurich minggu depan, dan di waktu yang sama akan melakukan diskusi perihal isu penganiayaan yang diterima pekerja imigran.

Panitia penyelenggara Piala Dunia lalu memberikan respons cepat dengan mengklaim bahwa isu yang mereka terima tersebut sebagai sesuatu yang mengejutkan sementara pemerintah Qatar telah berjanji untuk melakukan investigasi lebih lanjut. Investigasi yang dilakukan oleh The Guardian tersebut membeberkan fakta yang menyebutkan bahwa beberapa buruh asal Nepal mengalami kematian setidaknya satu kali setiap harinya sepanjang musim panas di Qatar, dengan suhu udara yang bisa mencapai 50 derajat celcius. Setidaknya 44 pekerja diberitakan meninggal dalam rentang waktu 4 Juni sampai 8 Agustus lalu, banyak dari mereka yang mengalami serangan jantung atau gagal jantung, mengacu kepada dokumen resmi yang berhasil diperoleh harian kabar tersebut.

Komite tertinggi Piala Dunia Qatar 2022 mengatakan sementara kontruksi yang telah dibangun berkaitan erat dengan Piala Dunia belum dimulai, mereka menjelaskan bahwa mereka memiliki komitmen untuk memberikan pengobatan yang layak bagi para pekerja. Komite tersebut juga merilis sebuah pernyataan yang berisi: “Layaknya setiap orang saat ini yang menyaksikan video dan gambar, dan membaca beberapa berita, kami sangat terkejut atas temuan yang diberikan oleh The Guardian. “Tidak ada alasan bagi setiap pekerja yang bekerja di Qatar, atau dari manapun, untuk mendapatkan perlakuan seperti ini.

“Kesehatan, keamanan kondisi dan martabat setiap pekerja yang memiliki kontribusi untuk mewujudkan Piala Dunia 2022 merupakan hal yang penting bagi kami komite dan kami memiliki komitmen untuk memastikan bahwa kami akan menciptakan peningkatan dari segi hal itu bagi setiap pekerja di Qatar.” Pemerintah Qatar mengatakan pihaknya akan segera melakukan investigasi terkait isu yang tidak sedap tersebut, dan mengatakan bahwa prioritasnya pihaknya saat ini adalah untuk memberikan jaminan bagi setiap pekerja dan developer yang turut berpartisipasi untuk mewujudkan Piala Dunia 2022. Berita Piala Dunia