Bola Online Martino: Seorang Messi Juga Butuh Istirahat

Martino Seorang Messi Juga Butuh Istirahat

Martino: Seorang Messi Juga Butuh Istirahat

Bola Online – Pelatih Gerardo ‘Tata’ Martino menggarisbawahi betapa pentingnya untuk menarik mega bintang Lionel Messi kala menghadapi Levante di laga debut musim 2013/14. Meski sudah mengantongi kemenangan telak tujuh gol tanpa balas Martino menarik Messi demi mengamankan kondisi kebugarannya.Martino mengungkapkan betapa penting peran Lionel Messi untuk Barcelona di pertandingan melawan Levante dan oleh karena itu ia membutuhkan pemainnya agar tampil prima dan menjaga kebugaran untuk menghadapi roda kompetisi yang sangat panjang di musim ini. Dalam laga perdananya, Pemain Terbaik Dunia Lionel Messi menjaringkan dua gol guna melengkapi pesta gol di Nou Camp. Mantan pelatih tim nasional Paraguay, Gerardo Martino, berbicara menanggapi alasannya untuk menarik mundur peraih empat kali gelar Ballon d’Or tersebut dan memasukkan gelandang Andres Iniesta di pertengahan paruh kedua.

Pergantian itu cukup beralasan bagi Martino, mengingat Lionel Messi sebelumnya juga tidak dipaksakan tampil oleh pelatih tim nasional Argentina Alejandro Sabella, yang diminta oleh pihak Barcelona tidak menurunkannya dalam laga persahabatan melawan Italia di Roma. Gerardo Martino tidak ingin cedera hamstring yang menimpa Lionel Messi pada April lalu kembali menghinggapi sang pemain dan hal ini diantisipasi olehnya agar tidak menghambat ambisi Barcelona untuk menjuarai beberapa turnamen di musim ini. “Sebelum saya melakukan pergantian tersebut, di masa istirahat saya sudah mengatakan kepadanya agar tidak memaksakan kondisi kedua kakinya dan Leo pun menerima keputusan saya,” ungkap Gerardo Martino yang ditunjuk di akhir musim untuk meneruskan tongkat kesuksesan Tito Vilanova.

“Tentu saja, bila melihat sebuah pertandingan berjalan dengan ketat, namun kondisi belum pulih 100 persen, tetap saja meski ia pemain besar harus rela digantikan posisinya. “Kami memikirkan tidak hanya dalam satu pertandingan satu penampilan. Karena musim kompetisi sangat panjang dan perjalanan baru memasuki tahapan awal dan masih banyak partai yang tidak kalah berat akan kami hadapi di depan nanti. “Ia (Lionel Messi) sangat pandai dan luar biasa. Ia mengetahui hal itu dan ia pun mengambil sikap sama walau sebagai pemain besar tentu ingin memberikan kontribusi lebih bagi rekan-rekannya.”

Sementara pemain lain yang kemungkinan tidak akan mendapatkan jatah bermain secara 90 menit adalah Neymar da Silva. Meski baru didatangkan pada bursa musim panas ini, Neymar masih dalam proses beradaptasi dengan gaya permainan Barca. Mantan punggawa Santos itu mengawali pertandingan di bangku cadangan dan baru masuk setelah babak kedua tersisa 25 menit lagi. Meski bukan gol yang dihasilkan dari kakinya, melainkan kartu kuning perdana buatnya di kompetisi La Liga. Meski demikian Martino menegaskan masa depan Neymar masih panjang untuk terus beradaptasi.

“Kami harus memberikan ruang kepada Neymar untuk beradaptasi dengan gaya permainan cepat di Barcelona secara perlahan-lahan,” ungkap pelatih berusia 50 tahun tersebut. “Apabila kami memaksakannya langsung, maka ini akan menyakiti pemain itu sendiri dan juga rekan-rekannya.” Bola Online