Persegres Pungut Eks Pemain IPL

Persegres Pungut Eks Pemain IPL

Persegres Pungut Eks Pemain IPL

Kesulitan pemain anyar dalam mencari club baru makin diperparah dengan terhapusnya Indonesian Premier League (IPL) dari orbit ranah sepakbola nasional. Namun ternyata ada juga club yang mendapat berkah besar tersendiri dari hilangnya kompetisi ini. Sebut saja Persegres Gresik United. Ya, Persegres nyatanya cukup jeli melihat peluang bursa transfer musim ini. Sang pelatih Agus Yuwono memanfaatkan para pemain IPL yang sudah tak terpakai clubnya yang terpaksa bubar. Memang mayoritas pemain baru yang digaet Persegres adalah eks pemain IPL. Dari sini sudah terlihat beberapa sederetan nama diantaranya Legimin Raharjo (eks Arema IPL), Yusuf Hamzah (Persebaya 1927), Sukasto Efendi (eks Persema Malang), Makhrus Bachtiar (eks Persijap Jepara), Hamdi Ramdan (eks Persija IPL), dan juga Mat Halil yang merupakan pemain kawakan Persebaya 1927.

Keuntungan Persegres tidak hanya soal mendapatkan pemain eks IPL saja. Selain harga kontrak yang cukup terjangkau, kualitas para pemain ini juga berani di adu. Bahkan beberapa pemain malah menjadi penyokong utama bagi timnya dikala IPL masih eksis dulu. Tentu saja, kualitas dan pengalaman mereka di level kompetisi atas tak bisa dianggap enteng. Sang pelatih Agus Yuwono memang tidak asal comot dalam perekrutan pemain timnya. Ia tetap mempertimbangkan aspek kemampuan di lapangan. Bahkan dengan optimis ia mengatakan eks pemain IPL yang telah direkrut adalah pemain yang tangguh dan mampu bersaing pada ISL yang bakal dilakoninya.

“Saya percaya eks pemain IPL yang kami rekrut adalah pemain terbaik di club sebelumnya. Mereka masih sangat mumpuni bersaing di ISL,” tegas Agus Yuwono. Persegres sendiri masih mempertahankan beberapa pemain lawas yang dianggap prospektif, kendati kubunya telah mengontrak 17 pemain. Ada pula catatan nama pemain baru yang berasal dari luar ISL, diantaranya Dedi Indra dan Fajar Handika (eks Persela Lamongan) dan juga Mahyadi Panggabean (eks Sriwijaya FC).

Dalam hal ini Agus memang mencari pemain yang berpengalaman. Ia lebih menekankan faktor pengalaman adalah syarat penting dalam bertempur di kompetisi ISL 2014. Tak dapat dipungkiri, laga bergengsi ISL dipastikan lebih ketat dengan penambahan kontestan, ditambah lagi jika diberlakukan pada satu wilayah. Selain itu, tipikal yang dicari Agus adalah yang mempunyai karakter tegas alias tak berkompromi. Seperti yang kita tau, Agus Yuwono adalah mantan pemain Arema Malang yang memang suka dengan permainan keras alias tidak takut beradu fisik.

Ketika ditanya mengenai keikutsertannya di Piala Gubernur Jatim pada pertengahan Desember nanti, ia mengaku belum menargetkan apapun. Namun walaupun demikian, dirinya akan memanfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Rencananya Persegres akan berkumpul dengan teman seperjuangannya, seperti Persebaya Surabaya, Persik Kediri, serta Persib Bandung. Jika benar Laskar Joko Samudro bergabung di grup ini, maka dapat dipastikan akan bertandang di Stadion Brawijaya Kediri. Sedangkan group lain bakal bertempur di Stadion Kanjuruhan.